Sukses itu Memberi Manfaat bagi Masyarakat
Posted on February 17th, 2010
Comment: 13 Comments »
Dalam hal ini, saya salut dengan pimpinan Toyota yang berani ”membunuh” produk sukses Kijang dan menggantinya dengan Avanza. Itu salah satu contoh sukses besar menurut saya. Kejadian awalnya diawali krisis moneter 1997/1998. Masyarakat tidak sanggup beli mobil. Tapi, masyarakat sebenarnya tetap membutuhkan kendaraan. Saya mengikuti Seminar yang diisi salah satu pelabat tinggi Toyota Astra Motor, beliau mengungkapkan bahwa lahirnya Avanza kala itu berangkat dari pemikiran, apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya akan kendaraan yang terjangkau dalam situasi krisis. Jadi, motif utamanya bukan nyari untung. Dari berbagai alternatif, muncullah pemikiran bagaimana kalau Kijang diturunkan specnya sedikit, agar harganya terjangkau, namun kualitas tetap bagus. Lalu, muncullah Avanza.
Saya belajar banyak dari situ. Bahwa dalam berbisnis, konsep sukses adalah bagaimana agar benar-benar membantu masyarakat namun perusahaan tetap mendapatkan pendapatan dan laba. Spirit itulah yang saya ambil ketika mengeluarkan kebijakan tarif murah di XL. Kita ingin memberikan sesuatu kepada masyatakat, dan kalau itu berhasil, itu namanya sukses. Jadi jabatan adalah bagaikan awan yang sudah membubung tinggi, percuma saja kalau tidak turun sebagai air hujan yang memberi kesuburan bagi bumi.