SUKSES DALAM KULIAH

Target kuliah tepat waktu

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china” itulah kalimat yang sering kita dengar oleh kalangan cendikiawan dan kaum terdidik/terpelajar. Memang dalam menuntut ilmu kita tidak mengenal batas, sesekali memahami sesuatu hal yang baru maka akan timbul keinginan untuk mencari keingintahuan yang  lebih mendalam lagi tentang hal-hal yang baru tersebut, dan akan selalu mendapatkan ilmu baru dari apa yang kita pelajari, sehingga akan terbentuk korelasi antara ilmu satu dengan ilmu yang lainnya.
Disini saya akan berbagi tentang pengalaman kehidupan saya di bangku kuliah, mendengar kata “kuliah” langsung kita tertuju pada yang namanya mahasiswa. (Nah) Apa sih tujuan utama yang diinginkan oleh mahasiswa?, cepat lulus, IPK tinggi, berprestasi..?? “heumm…. semua orangpun mau kalau itu sih”, lantas apa tujuan yang paling utama sebagai mahasiswa..? mau tau jawabannya yuk kita ikuti….–> :D
Kata ini merupakan kata yang sering kita ucapkan, bahkan sudah sangat kenal dan bahkan bosen untuk kita dengar(bagi mahasiswa malas.. :D ), padahal itu merupakan kata awal untuk meraih kehidupan yang sukses di bangku kuliah, siapakah dia yaitu “BELAJAR”. Belajar.? ya belajar itu tujuan utama sebagai mahasiswa. Sudahkan anda belajar hari ini..?????. Selain itu biasakan untuk selalu me-review materi-materi perkuliahan setelah mendapatkan materi dari dosen, dan pelajari materi-materi perkuliahan selanjutnya supaya kita sudah sedikit tahu tentang apa yang akan di bahas pada perkuliahan selanjutnya, jadi kalau ada materi yang belum ngerti kita bisa tanya langsung pada dosen.
Anda merasa menjadi mahasiswa..? heum…apa buktinya..???
Selidik punya selidik ternyata, mahasiswa akan benar-benar dirinya merasa menjadi mahasiswa, ketika mereka sedang mengerjakan Tugas Akhir(TA)/Skripsi. Itulah yang saya tahu semenjak saya menjadi mahasiswa, ketika melihat kawan saya yang super sibuk sana-sini, mondar-mandir(kaya setrikaan, saya pun sedikit merasakan…he..he.. :D ) saat mengerjakan yang namanya tugas akhir itu. Ini merupakan hal yang terbalik dari “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian”, masih ingat kata-kata ini “siapkan payung sebelum hujan” bearti kalau kita kaitkan dengan mahasiswa “siapkanlah bahan-bahan kuliah(materi perkuliahan) sebelum datangnya tugas akhir(TA)”.
Apakah anda kuliah tepat waktu..?
Huufftt ini yang membuat seorang mahasiswa was-was, berapa lama ya… saya menyelesaikan kuliahnya.??. Semangat-semangatnya kuliah yaitu pada awal masuk perkuliahan (MABA) alias mahasiswa baru(40%) yang lagi senang-seangnya dalam belajar karena ketemu kawan baru bahkan kecengan baru :D , di pertengahan mulai kehilangan kendali(25%) titik kejenuhan mulai dirasakan oleh mahasiswa, dan saat menjelang tugas akhir mulai kembali sebagai pejuang semangat 45 lagi(35%). Itupun belum tentu selesai tepat waktu kuliahnya, karena bisa terkendala oleh beberapa faktor diantaranya ada mata kuliah yang harus di ulang, tugas akhir yang belum siap dll (analisa saya, red..).
Tidak hanya dalam medan pertempuran, kita pun harus ada strategi di medan pertempuran kampus. Untuk itu cobalah anda membuat/menyusun strategi perkuliahan anda dengan tabel targetan perkuliahan, cantumkan semua jadwal targetan(harian,bulanan,tahunan) yang harus di capai, dan bisa di kembangkan untuk targetan selanjutnya, tapi ingat kita harus fokus dan konsekuen dengan apa yang kita buat… Pasti Bisa..!!!
Kurang komplit jika seorang mahasiswa belum mengunjungi perpustakaan, nah sering-seringlah datang ke perpustakaan untuk belajar, mengerjakan tugas, dan sharing bersama teman. Di perpustakaan banyak materi-materi perkuliahan yang mesti kita pelajari selain yang di dapat dari dosen. Selain perpustakaan mampir juga ke laboratorium, disana anda bisa melakukan eksperimen atau pengujian untuk pembuktian dari hasil teori yang kita dapat dari materi perkuliahan, sekaligus untuk mengembangkan dan riset ilmu pengetahuan.
Tipe Mahasiswa apakah anda..?
Kehidupan dikampus begitu beranekaragam begitupun tipe seorang mahasiswa, banyak istilah-istilah yang dipakai dikampus yang sering disebut oleh kalangan mahasiswa diantaranya :
-          Kupu-Kupu = kuliah pulang-kuliah pulang
-          Kuda-Kuda = kuliah dahar-kuliah dahar(sunda)
-          Kura-Kura  = kuliah rapat-kuliah rapat
-          Kunang-kunang = kuliah nongkrong-kuliah nongkrong
-          Dll.
Itu merupakan istilah penyebutan mahasiswa yang pernah saya dengar, jadi lakukanlah hal-hal yang positif sebagai seorang mahasiswa. Dalam pergaulan kita boleh bergaul dengan siapapun tanpa kecuali, tapi kita harus bisa menjaga diri pada lingkungan tersebut, lebih bagus lagi carilah lingkungan yang membuat anda terus termotivasi dan selalu semangat untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Manfaatkanlah waktumu sebaik-baiknya(waktumu adalah hidupmu), seandainya waktu bisa kita putar kembali, mungkin kita bisa bersantai-santai namun itu tidak mungkin akan terjadi.
Saya yakin dengan bekerja keras, doa dan usaha InsyaAllah keinginan kita akan tercapai, tapi jika belum tercapai itu merupakan pemberian yang terbaik dari tuhan yang kita harus syukuri(kesuksesan yang tertunda). Mari kita pelajari dari kegagalan yang pernah kita alami untuk bangkit kembali meraih harapam yang kita impikan.
Semua tulisan yang diatas itu pernah saya alami saat menjadi mahasiswa, ketika itu saya sudah mentargetkan kapan yah saya lulus kuliah? Alhamdulilah target tersebut tercapai, bahkan lebih cepat dari waktu normal masa study. Yang lebih dikenang lagi saat mengerjakan tugas akhir, saya salah satu mahasiswa yang telat mengumpulkan draft tugas akhir(TA), dimana saya dan kawan-kawan seperjuangan sudah menentukan tanggal mengumpulkan draft TA tersebut, akhirnya saya tidak jadi untuk mengikuti sidang bersama kawan-kawan saya, namun itu tidak membuat saya putus asah karena saya sudah fokus dan target kuliah yang harus saya selesaikan. Dengan gigih semangat saya pun terus berusaha bekerja keras dan doa untuk bisa meraih impian yang diharapakan, saya pun merelakan diri untuk pulang pergi Bandung-Jakarta beberapa hari untuk menyelesaikan tugas akhir tersebut, akhirnya tugas akhir saya pun dapat terselesaikan tepat pada waktunya dan singkat kata sidang pun terlaksana dengan hasil sebanding dengan usaha yang saya lakukan(sangat memuaskan). Puji syukur Alhamdulillah, saya dan kawan-kawan seperjuangan bisa mengikuti acara yang dinanti-nanti yaitu “WISUDA”. Saya tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang sudah membantu

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Meraih Kesuksesan